Tips Menanam Bibit Durian

Menanam bibit durian mungkin sepertinya sepele, gampang. Tinggal bikin lobang, kasih pupuk, beres. Benarkah demikian ? Bagaimana kalau di tanam sebulan terus layu dan mati ? Bagaimana jika sudah bertahun-tahun di tanam tapi gak berkembang ? Pasti ada yang salah entah bibit atau cara tanamnya. Untuk itu kami berikan tips menanam bibit durian.

 

Mengenal buah durian

Bagi sebagian orang buah durian merupakan buah yang harus dihindari lantaran baunya yang menyengat serta rasanya yang sangat manis, tak heran jika setelah mengkonsumsinya beberapa orang akan merasa pusing karena baunya. Namun jangan salah, buah yang satu ini merupakan king of fruit diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yaitu raja dari segala buah.

Walau banyak orang yang cenderung menghindarinya banyak juga yang menggemari buah durian, mereka rela bersusah payah hanya demi mendapatkan buah durian. Karena termasuk salah satu jenis tanaman tropis, maka tak heran jika pohon durian tumbuh subur di Indonesia. Di Indonesia sendiri buah durian paling banyak dijumpai di daerah Kalimantan karena banyaknya petani durian disana, dan durian sendiri merupakan buah asli yang berasal dari Asia Tenggara.

 

bibit buah durian as;i

Kandungan Gizi Buah Durian

Buah durian juga memili kandungan gizi yang baik bagi tubuh, selain rasanya yang memikat. Kandungan yang ada di buah durian antara lain :

    1. Energy
    2. Karbohidrat
    3. Protein
    4. Lemak
    5. Serat
    6. Vitamin
    7. Folat
    8. Asam
    9. Kalium
    10. Fosfor

Dengan banyaknya kandungan gizi yang ada, selain digunakan sebagai bahan campuran olahan makanan seperti kue, es, jus, pudding dan masih banyak lagi, buah durian juga memiliki khasiat antara lain karena kandungan antioksidan yang tinggi maka buah durian dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan kanker. Dan dengan mengkonsumsi buah durian maka anda dapat mencegah penyakit kardiovaskuler serta menjaga otot dan tulang agar tidak mudah sakit. Selain itu, buah durian merupakan spesies tumbuhan yang hidup berkelompok berasal dari marga Durio atau Durio Zibethinus dan namanya diberikan dari marga tersebut serta bentuk kulit buah yang menyerupai duri.

Memilih jenis bibit durian

Jika anda adalah penghobi durian, Anda bisa menanam pohon durian sendiri di pekarangan rumah, taman atau kebun¬† anda. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk membeli durian , anda juga tidak perlu susah payah mencarinya di pasar. Pastikan anda menanam jenis durian yang anda sukai. Beberapa jenis durian mempunyai “taste” yang manis, pahit, bahkan ada yang pedas. Jenis durian yang beredar di pasaran sangat banyak macamnya. Bibit yang terkenal dan banyak di pasaran adalah :

  1. Montong
  2. Bawor
  3. Musanking
  4. Duri Hitam
  5. Pelangi
  6. Petruk
  7. Banyuwangi

Masih banyak lagi jenis bibit durian baik lokal maupun import. Sebelum anda menanam bibit durian lebih baik anda mencicipi rasanya terlebih dahulu. Pastikan jenis yang anda tanam jenis durian yang anda sukai.

tanam bibit durian

Lahan Tanam Durian

Untuk menanam durian , anda perlu sebuah lahan tanam yang luas seperti pekarangan rumah anda. Pohon durian merupakan jenis pohon besar sehingga anda tidak disaranka untuk menanamnya di pot. Selain ukuran pohon yang cenderung besar dan kokoh, pohon durian juga memikiki akar yang dapat menjalar. Jadi pemilihan lokasi lahan yang baik sebaiknya tidak terlalu dekat dengan rumah, karena akarnya dapat merusak podasi rumah nantinya. Setelah anda mendapatkan lokasi yang tepat, berikut langkah menyiapkan lahan tanam untuk durian :

  • Pilih lokasi lahan yang lapang, tidak ternaungi tanaman lain, dan pastikan jauh dari pohon bambu.
  • Sebisa mungkin pilih tanah yang subur, namun jika tidak ada bisa disuburkan dengan pupuk nantinya.
  • Gemburkan tanah lahan tanam terlebih dahulu menggunakan sekop ataupun cangkul, disarankn menggunakan cangkul.
  • Buat lobangan untuk bibit ukuran kurang lebih 50 x 50 cm.
  • Pilih bibit durian yang baik. Pilihlah bibit dengan tunas yang sehat, lengkap dengan batang serta akar yang sudah mulai tumbuh.
  • Perhatikan jarak tanam jika anda menanam lebih dari satu pohon. Minimal jarak tanam pohon durian adalah 4 meter.
  • Penyiraman dibutuhkan jika anda menanam bibit pada saat jarang turun hujan.

Pemupukan bibit durian

Pada langkah penanaman di atas kami tidak menyarankan pemupukan

Kami tidak menyarankan mencampur atau memberikan pupuk pada saat menanam bibit durian.  Anda kami sarankan untuk melakukan pemupukan setelah bibit benar-benar kuat dan sudah beradaptasi dengan lahan baru. Pemupukan lanjutan secara rutin boleh dilakukan dan yang terpenting, jangan lupa untuk selalu menyiramnya. Memang semua itu butuh ketekunan, namun dengan melakukannya secara rutin dan tepat maka anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Penanganan Hama, Penyiangan dan Pemupukan Pohon Durian

Untuk menjaga kesuburan pohon maka anda perlu melakukan penyiangan serta pemupukan, perhatikan juga kondisi pohon durian yang anda tanam apakah ada hama ataupun penyakit yang menyerang atau tidak.

Sembari memupuk anda juga harus melakukan penyiangan terhadap rumput- rumput dan gulma yang mulai tumbuh di sekitar lahan tanam. Lakukanlah penyiangan setiap 2 minggu sekali sebelum anda memupuk.
Anda juga harus sering- sering memperhatikan kondisi pohon durian agar terhindar dari hama ataupun penyakit. Anda bisa mengatasi menggunakan pestisida jika dirasa perlu.

Itulah cara menanam bibit durian dengan mudah dan sederhana. Aplikasikanlah dengan benar untuk mendapatkan hasil panen durian yang berkualitas dengan rasa yang lezat serta melimpah.

Jangan lewatkan Produk Terbaru Bibit Salaman

Subscribe untuk update artikel dan tips2 terbaru yang akan dikirim otomatis ke alamat Email Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *